Dasar
Pemasaran
Ø Pengertian
Pemasaran/Marketing
Pemasaran (bahasa
Inggris: marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia.
Ø Konsep
Pemasaran/Marketing
1.
Konsep Produksi
adalah salah satu dari konsep tertua dalam
bisnis.Konsep
produksi menegaskan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia
secara luas dan murah.
2. Konsep Produk
menegaskan bahwa konsumen akan menyukai
produk-produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja, atau inovatif.
3. Konsep
Penjualan
berkeyakinan bahwa para konsumen dan
perusahaan bisnis, jika dibiarkan, tidak akan secara teratur membeli cukup
banyak produksi-produksi yang ditawarkan oleh organisasi tertentu.Oleh karena itu, organisasi tersebut
harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep
Pemasaran
adalah sebuah filosofi bisnis yang menantang
tiga orientasi bisnis yang baru saja kita bahasKonsep pemasaran menegaskan
bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional yang ditetapkan adalah
perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam
menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar
sasaran yang terpilih.
5.
Konsep Pemasaran Masyarakat
Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen. Konsep ini menegaskan pentinya menghindari konflik yang destruktif di dalam masyarakat.
Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen. Konsep ini menegaskan pentinya menghindari konflik yang destruktif di dalam masyarakat.
2 Marketing Mix
Merupakan suatu
kombinasi yang memberikan hasil maksimal dari unsur-unsur 4P dan 3P:
Product
Konsep
produk yang paling utama adalah bagaimana produk yang ditawarkan dapat memenuhi
kebutuhan, harapan/ekspektasi, dan juga willingness to pay dari konsumen dalam kerangka produk
sebagai customers solution
Price
Penetapan harga
merupakan suatu hal penting . Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh
pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total
dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan
sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta
persaingan.
Place
Tempat atau lokasi
yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah
terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau
investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat
terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang
strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen
agar berkunjung
Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam
aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang
dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang
ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak
yang dapat mempengaruhi pembelian.
People
People merupakan aset
utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan
performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan
menyebabkan konsumen puas dan loyal
Physical evidence Building
merupakan bagian dari
bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi
konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap
interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang
lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.
Process
Process, mutu layanan
jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran, http://muhammadzaidan.wordpress.com/2008/12/16/konsep-dasar-pemasaran/, http://bhpbowo.wordpress.com/2010/07/16/lingkungan-pemasaran/