Zuli Dewi Mulyowati: Lingkungan pemasaran

Lingkungan pemasaran


      merupakan berbagai faktor dan kekuatan diluar bagian pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan.lingkungan pemasaran di kelompokan menjadi 2 yaitu
1.     Lingkungan Mikro Perusahaan
Lingkungan mikro merupakan berbagai faktor kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran dalam melayani pelanggannya.Faktor-faktor lingkungan mikro meliputi: 
a)     Bagian lain didalam perusahaan  Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran harus memperhitungkan bagian-bagian lain di dalam perusahaan seperti manajemen puncak, bagian keuangan, bagian riset dan pengembangan, bagian pembelian, bagian manufaktur, dan bagian akunting
·         Manajemen puncak menentukan misi, sasaran, strategi umum, dan kebijakan perusahaan, rencana pemasaran harus sejalan dan disetujui manajemen puncak. 
·         Bagian  keuangan  berusaha  memikirkan  cara mencari dan menggunakan dana untuk melaksanakan rencana pemasaran. 
·         Bagian departemen Litbang fokus pada masalah perancangan  produk yang aman dan bernilai.
·         Bagian pembelian memikirkan mengenai pasokan dan bahan baku,
·          Bagian manufaktur bertanggung jawab menghasilkan produk dengan mutu dan jumlah yang dikehendaki. 
·         Bagian akunting harus mengukur hasil penjualan dan biaya untuk membantu pemasaran mengetahiu seberapa jauh usaha mereka mencapai sasaran.
b)    PemasokPemasok merupakan perusahaan yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa
c)     Perantara Pemasaran
·         Perantara pemasaran merupakan perusahaan yang membantu perusahan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang ke pembeli akhir.Perantara pemasaran meliputi penjual, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
·         Penjual adalah perusahaan yang membantu perusahaan menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan. 
·         Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan dalam menimbun dan memindahkan  persediaan yang berhubungan dengan perusahaan pergudangan dan transportasi.
·         Agen jasa pemasaran merupakan agen yang membantu perusahaan dalam membidik dam mempromosikan produknya ke pasar yang tepat, meliputi perusahaan riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan perusahaan konsultan pemasaran 
·         Perantara keuangan merupakan perusahaan yang membantu mendanai transaksi atau mengasuransikan resiko yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang, seperti bank,pendanaan kredit, perusahaan asuransi.
d)    Pelanggan
Pasar pelanggan dapat dibedakan menjadi 5 kelompok 
·         Pasar konsumen yaitu terdiri atas individual dam rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
·         Pasar bisnis membeli barang dan jasa untuk diroses lebih lanjut atau digunakan dalam peoses produksi mereka.
·         Pasar penjual membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mengambil laba. 
·         Pasar pemerintah terdiri dari kantor pemerintah   yang membeli barang dan jasa untuk menyediakan fasilitas umum . 
·         Pasar Internasional pembelian dari luar negeri
e)     Pesaing
Pesaing merupakan perusahaan sejenis yang juga menghasilkan produk atau jasa dengan nilai yang relatif sama. Agar sukses perusahaan harus memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar dari pesaingnya.
f)     Masyarakat
Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai kepentingan potensial atau yang sudah terwujut pada atau berdampak pada kemampuan suatu organisasi untuk mencapai sasarannya.Masyarakat dapat dikelompokan dalam 7 tipe 
·         Masyarakat Keuangan
·         Masyarakat Media.
·         Masyarakat pemerintah
·         Masyarakat warga yang bertindak
·         Masyarakat Lokal.
·         Masyarakat umum.
·         Masyarakat Internal
   Lingkungan Makro Perusahaan
Lingkungan makro merupakan kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro.Faktor-faktor lingkungan makro meliputi:
a)     Lingkungan demografi

Lingkungan Demografi adalah telaah mengenai populasi manusia dalam arti jumlah, kerapatan, lokasi, umur, jenis kelamin, ras, jenis pekerjaan dan lain-lain.Lingkungan demografi sangat perlu diperhatikan karena melibatkan manusia, dan manusialah yang membentuk pasar.
b)    Lingkungan ekonomi

Lingkungan ekonomi terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola membeli konsumen.Perekonomi sebuah Negara dapat berupa ekonomi subsisten, ekonomi industrial. Pemasar harus cermat mengikuti kecenderungan utama dan pola pengeluaran konsumen serta pola perubahan dalam pendapatan.
c)      Lingkungan alam 

Lingkungan alam meliputi semua sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai masukan oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh aktifitas pemasaran.Pemasar harus memperhatikan dan mewaspadai empat kecenderungan di dalam lingkungan alam, yaitu: kekurangan bahan mentah, kenaikan biaya energi, meningkatnya polusi dan campur tangan pemerintah dalam manajemen sumber daya alam.
d)    Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi merupakan berbagai kekuatan yang menciptakan teknologi baru dan peluang pasar baru.Pemasar harus memperhatikan dan mewaspadai empat kecenderungan dalam lingkungan teknologi, yaitu: kecepatan perubahan teknologi, anggaran litbang yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil, peraturan yang semakin ketat.
e)     Lingkungan Politik

Lingkungan politik terdiri dari undang-undang, kantor pemerintah dan tekanan kelompok yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individual dalam masyarakat Keputusan pemasaran amat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politik
f)     Lingkungan Budaya
Lingkungan budaya terdiri dari lembaga dan kekuatan-kekuatan lain yang mempengaruhi nilai-nilai dasar, persepsi, pilihan, dan tingkah laku yang diatur / dianut masyarakat.
v  Pasar Sasaran
Pasar sasaran (Target Market) adalah: Sekelompok  konsumen atau pelanggan  yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.
v  Segmentasi pasar

Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.Pembagian segmen pasar:
  
        1.     Segmentasi pasar konsumen
Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
        2.   Segmentasi pasar bisnis
Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.