merupakan berbagai faktor dan kekuatan diluar bagian
pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan
dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan.lingkungan pemasaran di
kelompokan menjadi 2 yaitu
1.
Lingkungan
Mikro Perusahaan
Lingkungan mikro merupakan
berbagai faktor kekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang mempengaruhi
kemampuan manajemen pemasaran dalam melayani pelanggannya.Faktor-faktor
lingkungan mikro meliputi:
a)
Bagian lain
didalam perusahaan Dalam
merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran harus memperhitungkan
bagian-bagian lain di dalam perusahaan seperti manajemen puncak, bagian
keuangan, bagian riset dan pengembangan, bagian pembelian, bagian manufaktur,
dan bagian akunting
·
Manajemen
puncak menentukan misi, sasaran,
strategi umum, dan kebijakan perusahaan, rencana pemasaran harus sejalan
dan disetujui manajemen puncak.
·
Bagian
keuangan berusaha
memikirkan cara mencari dan menggunakan dana untuk melaksanakan
rencana pemasaran.
·
Bagian
departemen Litbang fokus pada masalah
perancangan produk yang aman dan bernilai.
·
Bagian
pembelian memikirkan
mengenai pasokan dan bahan baku,
·
Bagian
manufaktur bertanggung
jawab menghasilkan produk dengan mutu dan jumlah yang dikehendaki.
·
Bagian akunting harus mengukur hasil penjualan dan biaya untuk
membantu pemasaran mengetahiu seberapa jauh usaha mereka mencapai sasaran.
b)
PemasokPemasok merupakan perusahaan yang menyediakan sumber daya
yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa
c)
Perantara
Pemasaran
·
Perantara
pemasaran merupakan perusahaan yang
membantu perusahan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan
barang ke pembeli akhir.Perantara pemasaran meliputi penjual, perusahaan
distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
·
Penjual adalah perusahaan yang membantu perusahaan
menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan.
·
Perusahaan
distribusi fisik membantu perusahaan dalam
menimbun dan memindahkan persediaan yang berhubungan dengan perusahaan
pergudangan dan transportasi.
·
Agen jasa
pemasaran merupakan agen
yang membantu perusahaan dalam membidik dam mempromosikan produknya ke
pasar yang tepat, meliputi perusahaan riset pemasaran, agen periklanan,
perusahaan media dan perusahaan konsultan pemasaran
·
Perantara
keuangan merupakan perusahaan yang
membantu mendanai transaksi atau mengasuransikan resiko yang berkaitan dengan
pembelian dan penjualan barang, seperti bank,pendanaan kredit, perusahaan
asuransi.
d)
Pelanggan
Pasar pelanggan
dapat dibedakan menjadi 5 kelompok
·
Pasar konsumen yaitu terdiri atas individual dam rumah tangga yang
membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
·
Pasar bisnis membeli barang dan jasa untuk diroses lebih lanjut atau
digunakan dalam peoses produksi mereka.
·
Pasar penjual membeli barang dan jasa untuk dijual kembali
dengan mengambil laba.
·
Pasar
pemerintah terdiri dari kantor pemerintah
yang membeli barang dan jasa untuk menyediakan fasilitas umum .
·
Pasar Internasional pembelian dari luar negeri
e)
Pesaing
Pesaing merupakan perusahaan sejenis yang juga menghasilkan
produk atau jasa dengan nilai yang relatif sama. Agar sukses perusahaan harus
memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar dari pesaingnya.
f)
Masyarakat
Masyarakat adalah
kelompok yang mempunyai kepentingan potensial atau yang sudah terwujut pada
atau berdampak pada kemampuan suatu organisasi untuk mencapai
sasarannya.Masyarakat dapat dikelompokan dalam 7 tipe
·
Masyarakat Keuangan
·
Masyarakat Media.
·
Masyarakat pemerintah
·
Masyarakat warga yang bertindak
·
Masyarakat Lokal.
·
Masyarakat umum.
·
Masyarakat Internal
Lingkungan Makro Perusahaan
Lingkungan makro merupakan kekuatan masyarakat lebih luas
yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro.Faktor-faktor lingkungan makro
meliputi:
a)
Lingkungan
demografi
Lingkungan Demografi adalah
telaah mengenai populasi manusia dalam arti jumlah, kerapatan, lokasi, umur,
jenis kelamin, ras, jenis pekerjaan dan lain-lain.Lingkungan demografi sangat
perlu diperhatikan karena melibatkan manusia, dan manusialah yang membentuk
pasar.
b)
Lingkungan
ekonomi
Lingkungan ekonomi terdiri
dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola membeli konsumen.Perekonomi
sebuah Negara dapat berupa ekonomi subsisten, ekonomi industrial. Pemasar harus
cermat mengikuti kecenderungan utama dan pola pengeluaran konsumen serta pola
perubahan dalam pendapatan.
c)
Lingkungan alam
Lingkungan alam meliputi
semua sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai masukan oleh pemasar atau yang
dipengaruhi oleh aktifitas pemasaran.Pemasar harus memperhatikan dan mewaspadai
empat kecenderungan di dalam lingkungan alam, yaitu: kekurangan bahan mentah,
kenaikan biaya energi, meningkatnya polusi dan campur tangan pemerintah dalam
manajemen sumber daya alam.
d)
Lingkungan
Teknologi
Lingkungan teknologi merupakan
berbagai kekuatan yang menciptakan teknologi baru dan peluang pasar
baru.Pemasar harus memperhatikan dan mewaspadai empat kecenderungan dalam
lingkungan teknologi, yaitu: kecepatan perubahan teknologi, anggaran litbang
yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil, peraturan yang semakin ketat.
e)
Lingkungan
Politik
Lingkungan politik terdiri
dari undang-undang, kantor pemerintah dan tekanan kelompok yang mempengaruhi
dan membatasi berbagai organisasi dan individual dalam masyarakat Keputusan
pemasaran amat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politik
f)
Lingkungan
Budaya
Lingkungan budaya terdiri
dari lembaga dan kekuatan-kekuatan lain yang mempengaruhi nilai-nilai dasar,
persepsi, pilihan, dan tingkah laku yang diatur / dianut masyarakat.
v Pasar Sasaran
Pasar
sasaran (Target Market) adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan
yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.
v Segmentasi pasar
Pada dasarnya,
segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa
yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing
segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.Pembagian segmen pasar:
1. Segmentasi pasar konsumen
Yaitu
membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer
characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen
konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
2. Segmentasi pasar bisnis
Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan
konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan,
daan merek.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran, http://muhammadzaidan.wordpress.com/2008/12/16/konsep-dasar-pemasaran/, http://bhpbowo.wordpress.com/2010/07/16/lingkungan-pemasaran/