Zuli Dewi Mulyowati: Ilmuwan Spanyol: Percayalah, Kiamat Itu Akan Terjadi

Ilmuwan Spanyol: Percayalah, Kiamat Itu Akan Terjadi


Zaman sekarang percaya kiamat dianggap penyuka takhayul. Padahal, menurut Profesor José Senovilla dari Universitas Basque, Bilbao, Spanyol, akhir dunia secara ilmiah pasti terjadi.

Senovilla meneliti pergerakan obyek angkasa dan energi gelap. Dari hasil pengamatannya, dia menilai alam semesta bukannya mengembang, tapi malah menyusut. "Waktu sangat terpengaruh cara kerja alam menyusut ini. Ketika waktu melambat dan akhirnya berhenti, kita paham artinya bagi kehidupan," ujar dia saat diwawancara New Scientist Magazine, seperti dikutip surat kabar the Daily Mail, Senin (18/6).

Selama ini, di kalangan fisikawan muncul teori perkembangan alam semesta selepas ledakan besar. Basis perhitungan ukuran kosmos menggunakan ukuran waktu. Itu sebabnya jarak antar planet berdasarkan sistem juta tahun cahaya.

Senovilla menilai teori itu tidak keliru, namun manusia keliru menafsirkan konsep waktu seakan-akan statis. Hasilnya, obyek angkasa terkesan mengembang, padahal waktu melambat. "Bila kita percaya ledakan besar membuat waktu ada, tidak sulit pula yakin waktu akan berakhir, ini hanya sebab-akibat," kata profesor yang juga mengajar di Universitas Cambridge, Inggris, ini.

Skenario kiamat, menurut Senovilla, adalah berhentinya seluruh obyek di alam semesta. "Tidak ada lagi gerakan, semua seakan beku," kata dia.

Meski demikian, Senovilla menyatakan indera manusia tidak akan mampu menyadari waktu melambat hingga akhirnya berhenti. Peristiwa ini dia perkirakan berlangsung masih lama dari waktu saat ini.

Sumber : http://www.merdeka.com/dunia/ilmuwan-spanyol-percayalah-kiamat-itu-bakal-terjadi.html

No comments: