1.
Pengertian komunikasi bisnis lintas budaya
Komunikasi bisnis lintas budaya
adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnisbaik komunikasi verbal
maupun non verbal dengan memperhatikan factor factor budaya disuatu daerah
wilayah atau Negara.
2.
Pentingnya komunikasi bisnis lintas budaya
Mengapa komunikasi bisnis lintas budaya kini semakin penting artinya?
Semakin banyaknya pola kerjasama maupun
kesepakatan ekonomi diberbagai kawasan didunia saat ini akan menjadikan
komunikasi bisnis lintas budaya semakin penting.Saat ini ada beberapa pola
kerjasama ekonomi diberbagai kawasan dunia , seperti kawasan ASEAN (AFTA/ASEAN
free trade Area),
Kawasan asia pasifik (APEC) Kawasan amerika utara (NAFTA/North American free Trade Area),kawasan kanada(CFTA/Canada Free Trade Area) ,Kawasan Eropa tengah (CEFTA./Central European Free Trade Area) Kawasan eropa (EFTA/European Free Trade Area)Dan kawasan amerika Latin (LAFTA/Latin American Free Trade Associate)
Kawasan asia pasifik (APEC) Kawasan amerika utara (NAFTA/North American free Trade Area),kawasan kanada(CFTA/Canada Free Trade Area) ,Kawasan Eropa tengah (CEFTA./Central European Free Trade Area) Kawasan eropa (EFTA/European Free Trade Area)Dan kawasan amerika Latin (LAFTA/Latin American Free Trade Associate)
Pendek kata, dengan semakin terbukanya
peluang perusahaan multinasional masuk ke wilaya suatu Negara dan didorong
dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ,maka
pada saat itulah kebutuhan akan komunikasi bisnis lintas budaya menjadi semakin
penting artinya.
3.
Memahami budaya dan perbedaanya.
·
Definisi budaya
Berdasarrkan beberapa pengertian budaya ,ada beberrapa hal penting yang
perludiperhatikan antara lain bahwa budaya mencakup sekumpulan pengalaman
hidup,pemrograman kolektif,system sharing,dan tipikal karakteristik perilaku
setiap individu yang ada dalam suatu masyarakat termasuk didalamnya tenytang
bagaimana system nilai,norma,moral,simbol2 dan kepercayaan atau keyakinan
mereka masing masing.
·
Komponen budaya
Budaya memiliki beberapa komponen
diantaranya :
Ø
Budaya material
Ø
Ekonomi
Ø
Organisasi social dan pendidikan
Ø
System kepercayaan
Ø
Estetika
Ø
bahasa
·
Tingkatan Budaya
Menurut Murphy dan hildebranth dalam dunia praktis terdapat tiga
tingkatan budaya yaitu :
Ø
Formal -> merupakan sebuah tradisi atau
kebudayaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat yang turun temurun dari satu
generasi ke generasi berikutnya dan hal
itu bersifat formal/resmi.
Ø
Informal -> merupakan sebuah tradisi yang
lebih banyak di teruskan oleh suatau masyarakat dari generasi ke generasi
berikutnya melalui apa yang dilihat didengar dipakai dan dilakukan tanpa
diketahui alas an mengapa hal itu dilakukan.
Ø
Teknis -> merupakan sebuah tradisi yang
mengacu pada bukti bukti dan aturan atau terdapat suatu penjelasan yang logis
mengapa suatu harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
·
Mengenal perbedaan Budaya
Mengenal perbedaan budaya suatu Negara merupakan cara terbaik untuk
berkomunikasi secara efektif
Perbedaan budaya dapat dilihat dari nlai social,peran dan
status,pengambilan keputusan,konsep waktu,konsep jarak komunikasi konteks
budaya,bahasa tubuh,hokum,prilaku etis
dan perbedaan budaya perusahaan.
v
Nilai nilai social -> nilai social yang
tumbuh dan berkembang disuatu Negara bias jadi berbeda dengan Negara lain
v
Peran dan status -> Peran wanita dalam dunia
bisnis dinegara maju cukup dominan disbanding dinegara berkembang.
v
Pengambilan keputusan -> proses pengambilan
keputusan yang dilakukan oleh para manajer
puncak antara Negara satu dan dengan yang lain berbeda ada yang cepat
tepat, ada juga yang lambat.
v
Konsep waktu -> penilaian terhadap waktu
antara Negara yang satu dengan yang lain berbeda ada yang ketat tepat ada juga yang longgar.
v
Konsep jarak komunikasi -> sebaiknya anda
dapat menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya
v
Konteks budaya -> pemanfaatan sinyal
komunikasi verbal dan non verbal tergantung pada konteks budaya
v
Bahasa tubuh -> Penggunaan bahasa tubuh yang
sama antara Negara satuu dan yang lain dapat dikatan berbeda sehingga dapat
menimbulkan kesalahpahaman oleh karenanya berhati hatilah.
v
Perilaku social ->Perilaku siaial antara
Negara satu dengan Negara lain bias menjadi penghambat komunikasi.
v
Perilaku etis
-> Perilaku etis dan tidak etis antara Negara yang satu dan yang lain
berbeda oleh karenanya pelajari terlebih dahulu etika bisnis dinegara yang akan
anda tuju
v
Perbedaan budaya perusahaan -> budaya
organisasi suatu perusahaan tumbuh dan berkembang melalui suatu proses yang
lama.
4.
Komunikasi denganorang berbudaya asing
Ketika anda berkeinginan untuk keluar
negeri anda harus siap menghadapi budaya yang sama sekali berbeda dengan budaya
anda sendiri.
No comments:
Post a Comment