Zuli Dewi Mulyowati: Komunikasi bisnis lintas budaya - buku komunikasi bisnisdjoko purwanto

Komunikasi bisnis lintas budaya - buku komunikasi bisnisdjoko purwanto


1.       Pengertian komunikasi bisnis lintas budaya
Komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnisbaik komunikasi verbal maupun non verbal dengan memperhatikan factor factor budaya disuatu daerah wilayah atau Negara.
2.       Pentingnya komunikasi bisnis lintas budaya
Mengapa komunikasi bisnis  lintas budaya kini semakin penting artinya?
Semakin banyaknya pola kerjasama maupun kesepakatan ekonomi diberbagai kawasan didunia saat ini akan menjadikan komunikasi bisnis lintas budaya semakin penting.Saat ini ada beberapa pola kerjasama ekonomi diberbagai kawasan dunia , seperti kawasan ASEAN (AFTA/ASEAN free trade Area),
Kawasan asia pasifik (APEC) Kawasan amerika utara (NAFTA/North American free Trade Area),kawasan kanada(CFTA/Canada Free Trade Area) ,Kawasan Eropa tengah (CEFTA./Central European Free Trade Area) Kawasan eropa (EFTA/European Free Trade Area)Dan kawasan amerika Latin (LAFTA/Latin American Free Trade Associate)
Pendek kata, dengan semakin terbukanya peluang perusahaan multinasional masuk ke wilaya suatu Negara dan didorong dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ,maka pada saat itulah kebutuhan akan komunikasi bisnis lintas budaya menjadi semakin penting artinya.
3.       Memahami budaya dan perbedaanya.
·         Definisi budaya
Berdasarrkan beberapa pengertian budaya ,ada beberrapa hal penting yang perludiperhatikan antara lain bahwa budaya mencakup sekumpulan pengalaman hidup,pemrograman kolektif,system sharing,dan tipikal karakteristik perilaku setiap individu yang ada dalam suatu masyarakat termasuk didalamnya tenytang bagaimana system nilai,norma,moral,simbol2 dan kepercayaan atau keyakinan mereka masing masing.
·         Komponen budaya
Budaya memiliki beberapa komponen  diantaranya :
Ø  Budaya material
Ø  Ekonomi
Ø  Organisasi social dan pendidikan
Ø  System kepercayaan
Ø  Estetika
Ø  bahasa
·         Tingkatan Budaya
Menurut Murphy dan hildebranth dalam dunia praktis terdapat tiga tingkatan budaya yaitu :
Ø  Formal -> merupakan sebuah tradisi atau kebudayaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat yang turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya  dan hal itu bersifat formal/resmi.
Ø  Informal -> merupakan sebuah tradisi yang lebih banyak di teruskan oleh suatau masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yang dilihat didengar dipakai dan dilakukan tanpa diketahui alas an mengapa hal itu dilakukan.
Ø  Teknis -> merupakan sebuah tradisi yang mengacu pada bukti bukti dan aturan atau terdapat suatu penjelasan yang logis mengapa suatu harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
·         Mengenal perbedaan Budaya
Mengenal perbedaan budaya suatu Negara merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi secara efektif
Perbedaan budaya dapat dilihat dari nlai social,peran dan status,pengambilan keputusan,konsep waktu,konsep jarak komunikasi konteks budaya,bahasa tubuh,hokum,prilaku etis  dan perbedaan budaya perusahaan.
v  Nilai nilai social -> nilai social yang tumbuh dan berkembang disuatu Negara bias jadi berbeda dengan Negara lain
v  Peran dan status -> Peran wanita dalam dunia bisnis dinegara maju cukup dominan disbanding dinegara berkembang.
v  Pengambilan keputusan -> proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para manajer  puncak antara Negara satu dan dengan yang lain berbeda ada yang cepat tepat, ada juga yang lambat.
v  Konsep waktu -> penilaian terhadap waktu antara Negara yang satu dengan yang lain berbeda ada yang ketat tepat ada  juga yang longgar.
v  Konsep jarak komunikasi -> sebaiknya anda dapat menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya
v  Konteks budaya -> pemanfaatan sinyal komunikasi verbal dan non verbal tergantung pada  konteks budaya
v  Bahasa tubuh -> Penggunaan bahasa tubuh yang sama antara Negara satuu dan yang lain dapat dikatan berbeda sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman oleh karenanya berhati hatilah.
v  Perilaku social ->Perilaku siaial antara Negara satu dengan Negara lain bias menjadi penghambat komunikasi.
v  Perilaku etis  -> Perilaku etis dan tidak etis antara Negara yang satu dan yang lain berbeda oleh karenanya pelajari terlebih dahulu etika bisnis dinegara yang akan anda tuju
v  Perbedaan budaya perusahaan -> budaya organisasi suatu perusahaan tumbuh dan berkembang melalui suatu proses yang lama.
4.       Komunikasi denganorang berbudaya asing
Ketika anda berkeinginan untuk keluar negeri anda harus siap menghadapi budaya yang sama sekali berbeda dengan budaya anda sendiri.


No comments: